Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan


Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan - Singkong yang sering kita ketahui merupakan salah satu bahan makanan bagi manusia, Tanaman ini termasuk dalam keluarga umbi-umbian yang biasanya di panen setiap enam bulan sekali. Tetapi masih banyak yang menganggap tanaman ini adalah tanaman yang biasa orang desa konsumsi, sebenarnya jika kita teliti lebih lanjut banyak manfaat dari tanaman ini. Terutama dari segi daun singkong yang menyerupai tangan manusia.

Kandungan yang terdapat di dalam daun singkong :
Didalam daun singkong sebenarnya memiliki banyak manfaat yang dapat kita gunakan untuk memnuhi asupan gizi pada manusia yang dibutuhkan tubuh, Diantaranya :

  • Vitamin C
  • Vitamin B1-B6
  • 37 kalori dari 1,8 lemak
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Kalium
  • Seng
  • Kalsium
Didalam daun singkong ini memiliki banyak nutrisi sehingga apabila anda adalah seorang ibu yang bijak tidak perlu bingung memilih asupan makanan sehat dan bernutrisi tinggi. Selain itu daun dari tumbuhan singkong ternyata memiliki peranan penting sebagai antikangker, antioksidan, dan juga antitumor serta bisa untuk menambah nafsu makan yang alami.

Daun singkong untuk obat
Bukan hanya karena kandungan nutrisi tinggi yang terkandung didalam daun singkong ini, tetapi daun tumbuhan ini bisa digunakan sebagau obat untuk berbagai macam penyakit, seperti :
  • Mengobati pusing : Jika kita mengalami pusing namun belum bisa/sempat meminum obat kita bisa menggunakan daun singkong untuk mengobatinya. Cara menggunakannya sangat gampang yaitu hanya tumbuk daun singkong hingga halus dan tempelkan pada kepala yang sakit, dalam beberapa menit sakit kepala akan reda dengan sendirinya.
  • Obat bagi diare : Jika ada yang sedang mengalami diare atau bahkan anggota keluarga bisa dianjurkan untuk menggunakan air rebusan daun singkong ini untuk obat diare tersebut. Caranya tidak sulit yaitu rebus daun singkong, hanya menggunakan beberapa lembar saja didalam 900 cc air. Lalu setelah itu diendapkan dan ambil bagian atas air endapan tersebut terus minum dua kali sehari sampai sembuh.
  • Obat bagi penderita rematik : Pengobatan luar ini bisa di lakukan dengan cara haluskan 5 lembar daun singkong, kapur siri, dan juga 15g jahe merah. Campur semua dengan rata lalu tambahkan air secukupnya dan dioleskan pada bagian yang terasa sakit. 
  • Obat untuk luka bakar : Jika kalian ada bekas dari bakaran yang terdapat pada kulit daun singkong bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka tersebut dengan cara, parut daun singkong yang sudah di sediakan sebelumnya dan endapkan perasan dari air daun singkong tersebut. Setelah semua selesai hasil perasan tadi dapat di oleskan pada area bekas luka bakar tersebut.
Daun ini bisa juga untuk meningkatkan kinerja otak pada manusia, banyak yang masih belum menyadari manfaat yang sangat besar ini kan. Kandungan dalam daun singkong ini ternyata setara dengan kandungan dari segelas susu, karena daun singkong mempunyai keunikan yaitu merubah karbohidrat menjadi energi yang baik bagi pemulihan tulang. Bahkan bisa menambah daya ingat otak dan memperlancar metabolisme tubuh. Daun singkong juga memiliki kandungan asam amino yang baik untuk asupan nutrisi dalam otak.
Bisa menyeimbangkan jalannya neurotransmitter yang terdapat dalam otak, yang bisa membuat otak pada anak meningkat dan pastinya akan membuat seorang anak menjadi cerdas. 

Sekian banyak yang terkandung didalam daun singkong tersebut, dari sini jangan kita menganggap daun singkong itu makanan dari desa. Mulai dari sini kita harus sadar dan teliti untuk memilih asupan yang baik bagi tubuh. Terimakasih sudah berkunjung dan juga sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan ini, apabila bermanfaat SHARE info ini agar bisa membantu orang-orang.